Home » Blog » Latihan Menyenangkan Dengan Treadmill

Latihan Menyenangkan Dengan Treadmill

Tuesday, May 7th 2013. Posted in Blog

Bagi anda yang sering mendatangi gym, pasti sudah taka sing lagi dengan alat yang bernama Treadmill. Bahkan alat ini adalah alat pertamakali yang dipakai oleh seseorang saat fitness sebelum beralih ke peralatan lainnya. Alat ini juga bisa dimiliki sendiri di rumah karena termasuk home fitness appliances juga. Tahukah anda bahwa Treadmill selain dikenal dalam dunia fitness, ternyata juga terkenal di dunia medis. Bila dalam dunia medis, Treadmill mempunyai nama yang berbeda, yaitu EKG atau stress test. Alat ini mempunyai segudang manfaat. Yuk kita mengenal lebih dekat Treadmill ini.

Treadmill Sebagai Solusi Latihan Cardio

treadmill

Sebagai salah satu alat untuk latihan cardio, Treadmill mempunyai prestasi tersendiri, yaitu membakar kalori lebih banyak (100kalori/mil). Latihan cardio itu sendiri berarti latihan untuk jantung. Dengan berlatih cardio, jantung akan mampu untuk meningkatkan asupan oksigen lalu mendistribusikannya dengan baik ke seluruh tubuh. Biasanya alat Treadmill dilengkapi dengan monitor khusus yang bernama Heart Rate Monitor. Monitor ini akan menampilkan detak jantung saat berolahraga. Detak jantung saat berolahraga sebaiknya dipertahankan pada kisaran 65% (cara hitungnya 220 – umur anda x 65%). Bila detak jantung dapat dipertahankan stagnan selama berolahraga, bisa dipastikan pembakaran kalori akan berlangsung lebih optimal.

Anda bisa memilih sendiri dengan alat Treadmill ini, anda ingin berjalan kaki, jogging atau berlari. Kecepatannya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan anda sendiri. Selain efektif membakar kalori, berlatih dengan alat Treadmill tidak perlu takut kehujanan ataupun kepanasan. Karena anda bisa jogging didalam ruangan. Hal ini tidak akan anda nikmati bila anda berjogging secara “tradisional”. Semakin canggih alat Treadmill yang anda gunakan, variasi latihannya pun akan semakin banyak. Dengan alat Treadmill yang mutakhir, anda bisa berjalan menanjak seolah-olah anda sedang berjalan menanjak bukit. Ini akan mengencangkan otot bagian paha, betis dan tentunya efektif membakar kalori.

Tips Sebelum Berlatih Dengan Treadmill

Sebelum menggunakan alat Treadmill, kenali alat Treadmill yang akan dipakai. Tanyakan pada personal trainer anda jika anda berlatih di fitness centre. Dan jika ingin membeli Treadmill untuk dirumah, tanyakan pada pihak toko bagaimana cara menggunakannya. Walaupun Treadmill termasuk olahraga ringan, tetap saja anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan diperlukan agar otot anda siap untuk menerima latihan. Lakukan gerakan pemanasan yang sederhana.  Buat latihan dengan Treadmill lebih menyenangkan. Anda bisa berlatih sambil mendengarkan musik favorit anda melalui smartphone atau pemutar musik lainnya. Pilih jam latihan yang anda sukai, misal di pagi hari setelah bangun tidur atau sore hari setelah pulang beraktifitas. Jangan lupa sediakan air putih yang cukup untuk menemani latihan Treadmill anda.

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 7BFD4C9E (Hendry)
cs 1