Home » Blog » Latihan Fitness Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Latihan Fitness Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Monday, May 6th 2013. Posted in Blog

Olahraga adalah kegiatan yang sangat positif dan baik untuk dilakukan oleh siapa saja. Anak-anak, remaja, dewasa hingga orangtua bisa melakukan olahraga jenis apapun. Pria maupun wanita mempunyai kesempatan yang sama untuk tampil sehat dengan olahraga. Lalu bagaimana dengan ibu hamil? Tentu ibu hamil juga memerlukan olahraga. Namun, tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan oleh ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil berpikir bahwa olahraga akan membahayakan kehamilan, padahal kenyataannya jauh berbeda. Olahraga yang tepat justru akan mengurangi depresi dan meningkatkan kualitas si ibu hamil itu sendiri. Dan ada pula olahraga yang malah akan membantu proses melahirkan nanti. Ingin tahu lebih banyak mengenai hal ini? Mari kita simak uraian berikut ini.

fitness saat hamil

Fitness Aman Untuk Ibu Hamil

Bila anda, wanita hamil namun tetap ingin berolahraga di fitness centre, jangan khawatir, anda tetap bisa melakukannya. Jenis olahraga di fitness centre yang aman untuk ibu hamil adalah pilates, yoga, senam aerobic khusus ibu hamil, bersepeda statis dan berjalan di treadmill. Olahraga yang dilakukan saat hamil, akan memberikan banyak manfaat positif yang bisa dirasakan. Bila anda memilih melakukan jenis olahraga senam pilates dan yoga, usahakan trainer yang akan membantu adalah trainer yang memang menguasai gerakan-gerakan khusus ibu hamil. Melakukan senam pilates dan yoga pada saat hamil akan membantu melenturkan sendi-sendi, memperkuat jaringan dan sistem otot dan meningkatkan kemampuan untuk berileksasi serta mengatur pernapasan dengan baik. Rileksasi dan pernapasan adalah dua poin penting bagi ibu hamil dalam menghadapi persalinan.

yoga saat hamil

Saat melakukan senam pilates dan yoga, bila usia kehamilan anda sudah besar, perhatikan gerakan senam yang dapat mengganggu kehamilan. Contohnya seperti gerakan tidur telentang, karena gerakan ini akan mengurangi aliran darah yang menuju jantung. Jika anda ingin latihan angkat beban di fitness centre, hal tersebut bisa dilakukan. Latihan angkat beban akan membantu menguatkan otot-otot di sekitar persendian agar tak mudah cedera saat proses persalinan. Yang harus diperhatikan adalah angkat beban yang tidak terlalu berat (pilih beban yang beratnya setengah lebih kecil dari berat normal). Lakukan jeda bila dirasa anda sudah kelelahan. Perbanyak minum air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Contoh Gerakan Senam Yoga Untuk Ibu Hamil

Seperti yang kita sudah jabarkan diatas bahwa senam yoga dan pilates adalah pilihan olahraga favorit bagi ibu hamil. Kita ambil contoh gerakan dalam senam yoga, berikut ini beberapa gerakan sederhana yoga yang bisa dipraktekan sendiri saat anda sedang tidak berlatih di fitness centre. Gerakan pertama adalah bersila dan bernapas. Posisikan salah satu telapak tangan anda di bagian perut tepat di bawah dada. Rasakan tarikan dan hembusan nafas anda sendiri sambil berkonsentrasi. Gerakan ini akan membuat anda rileks. Lalu, gerakan kedua adalah gerakan bidadari. Berdirilah dengan posisi kaki terbuka lebar dan letakan tangan dipinggang. Tarik nafas panjang dan perlahan-lahan, lalu tekuk lutut anda hingga sejajar. Gerakan ini dapat mengurangi kelelahan dan pegal-pegal yang sering terjadi pada ibu hamil.

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 7BFD4C9E (Hendry)
cs 1